PENGARUH EARNING PER SHARE, CURRENT RATIO, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Inun Widiastuti Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi, Universitas Mayjen Sungkono Author
  • Inuk Wahyuni Istiqomah Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi, Universitas Mayjen Sungkono Author
  • Poppy Meilina Dian Hastuti Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi, Universitas Mayjen Sungkono Author

Keywords:

Earning Per Share, Current Ratio, Net Profit Margin, Harga Saham

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Current Ratio (CR), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang tercatat di BEI pada tahun 2020 - 2022. Jenis penelitian pada penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Sebanyak 39 perusahaan memenuhi kriteria yang ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa EPS, CR, dan NPM berpengaruh secara simultan terhadap harga saham dan secara parsial EPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Current Ratio dan Net Profit Margin  tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

PENGARUH EARNING PER SHARE, CURRENT RATIO, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. (2024). Jurnal Akuntansi, 5(2), 36-46. https://jurnal.unimas.ac.id/index.php/jema/article/view/55