Sistem Informasi Manajemen Sekolah : Tantangan Dan Peluang Di Abad 21
Abstract
Manajemen sekolah harus berkembang mengikuti perkembangan zaman terutama konsep manajemen abad 21. Sistem informasi sekolah atau SIM Sekolah sangat penting untuk diimplementasi karena dapat mempermudah kegiatan administrasi sekolah mengelola data ekskul, jurusan, siswa, penerimaan siswa baru. Pengelolaan bantuan operasional sekolah (dana BOS) serta berbagai kegiatan operasional lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan pihak sekolah dalam melakukan tugas manajemen, pengaturan administrasi dan juga kurikulum sekolah serta meningkatkan kredibilitas sekolah. Namun, permasalahan yang muncul adalah kurangnya fasilitas yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem manajemen sekolah, kurangnya biaya dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Sekolah, kurangnya keterampilan dan pengetahuan tentang cara mengoperasikan SIM sekolah, permasalahan selanjutnya adalah akses internet saat mengakses Sistem Manajeman Sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan Systematic Literature Review (SLR) merupakan metode literature review yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan mengumpulkan dan menganalisis kritis data dan temuan dari berbagai penelitian lainnya, Langkah-langkah dilakukan secara berurutan dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Al-Qur’an An-Nawawiy dapat diambil kesimpulan bahwa sistem manajemen sekolah dalam konsep manajemen abad 21 pada SMP Al-Qur’an An-Nawawiy belum dapat dilakukan secara maksimal, hal ini terkendala dari berbagai permasalahan, diantaranya kurangnya fasilitas Teknologi Informasi, kurangnya pengetahuan guru dan wali siswa tentang teknologi informasi. Sehingga disarankan bagi Lembaga SMP Al-Qur’an An-Nawawiy untuk membuat program workshop bagi guru dan wali siswanya tentang teknologi informasi, sehingga program sekolah dapat dijalankan dan bersinergi dengan baik.